Sistem Perizinan Pelayanan Publik
CLIENT
Dinas Komunikasi dan Informatika
LAYANAN
Web Apps Development
BRAND
Dinas Komunikasi dan Informatika
INFORMASI UMUM
Sistem Informasi Pelayanan Publik
Sistem informasi pelayanan publik yang diterapkan dalam urusan layanan masyarakat Kota Blitar. Pembuatan sistem ini untuk membantu masyarakat dalam melakukan urusan pemberkasan.
Sistem Informasi Layanan Publik Terintegrasi Secara Elektronik Kota Blitar (SILPUSITRON) adalah bentuk sistem aplikasi untuk memudahkan urusan layanan berkas masyarakat yang diterapkan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Blitar.
TUJUAN UTAMA
Penerapan aplikasi ini memudahkan pekerjaan serta dapat diakses secara online sehingga mampu digunakan kapan saja dan darimana saja. Selain itu pelayanan akan lebih cepat terselesaikan.
PERMASALAHAN
Proses pelayanan yang dilakukan secara manual atau konvensional memiliki beberapa kekurangan serta permasalahan, diantaranya adalah:
- Pemberkasan membutuhkan waktu lama
Cara manual menjadikan lamanya dalam proses pengurusan berkas, urusan masyarakat tidak cepat selesai. - Kurangnya pemantauan
Penerapan cara manual menjadikan masyarakat tidak dapat memantau proses berkas serta menjadikan proses tidak transparan. - Minim informasi
Kurangnya penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai persyaratan berkas, yang akan memperlama proses berkas. - Terjadi penyalahgunaan kewenangan
Dalam praktek penyeleggaraan layanan publik, sering terjadi penyalahgunaan wewenang dan informasi terkait dengan berkas maupun laporan masyarakat. Sehingga, perlu adanya sistem terpusat untuk memonitoring setiap aktivitas dari pemangku kepentingan.
SOLUSI
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) memiliki fitur-fitur serta kelebihan yang sangat membantu urusan layanan publik, kelebihan tersebut ialah:
- Waktu lebih cepat
Pengurusan berkas menggunakan sistem informasi akan lebih cepat dilakukan karena akan urusan berkas dilakukan secara tersistem. - Pemantauan lebih mudah
Dengan sistem online masyarakat dapat memantau berkas yang mereka miliki dengan mudah, hanya dengan mengakses secara online. - Informasi memadai
Penggunaan sistem berbasis web akan mudah memberikan informasi terkait persyaratan pembuatan berkas. Publik dapat mengetahui informasi hanya dari sistem dan dapat dilakukan secara online. - Sistem terintegrasi
Sistem informasi pelayanan publik memiliki sistem yang terintegrasi dengan mempunyai banyak fitur dan kecanggihan yang akan menjadikan urusan pemberkasan serta persuratan mudah dilakukan. Fitur yang dimiliki memudahkan pekerjaan para aparatur dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
Kebutuhan Anda unik? Kami siap merealisasikannya
Sekawan Media berkomitmen untuk menjaga privasi Anda. Semua informasi hanya akan digunakan untuk kebutuhan analisis. Seluruh data pribadi Anda akan dijaga keamanannya sesuai dengan Privacy Policy kami.