Teknologi Informasi: Definisi dan 5 Contohnya yang Inovatif

Daftar Isi
Daftar Isi
Teknologi informasi memiliki peran penting dalam pembuatan dan perkembangan informasi digital. Beberapa bentuknya dapat Anda jumpai dalam beberapa platform seperti website, aplikasi, dan juga beberapa wadah lainnya.

Dengan adanya teknologi informasi, baik pelanggan maupun karyawan dan perusahaan akan lebih terintegrasi dan semakin mudah berkomunikasi.

Namun apakah Anda sudah mengenal hal ini? Teknologi ini adalah memiliki banyak manfaat dan kelebihan dalam pengaplikasiannya.

Dengan konsep kerja real-time, teknologi informasi dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun sesuai kebutuhan.

Teknologi informasi adalah komponen yang telah menjadi unsur yang penting dalam pembangunan bisnis digital.

Dengan beberapa inovasi dan perluasan berupa perangkat keras, teknologi ini dapat bekerja dan disampaikan secara maksimal.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal lebih dekat dengan TI, mulai dari pengertian secara umum, manfaat, hingga contoh teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, berikut merupakan penjelasannya.

Pengertian Teknologi Informasi

Lalu, mari kita menyelami lebih dalam terkait TI baik secara umum maupun spesifik. Apa itu teknologi informasi?

Dalam pengertiannya secara umum, teknologi informasi atau information technology (IT) adalah seperangkat atau kumpulan dari komponen yang saling berhubungan dan berguna untuk akuisisi, manipulasi, penyimpanan serta manajemen dari data secara otomatis.

Sehingga menurut pengertiannya secara umum, TI adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengolah data dan menyampaikan data baik kepada konsumen maupun sebaliknya, dari konsumen kepada perusahaan.

Sementara menurut pengertiannya secara spesifik, yaitu menurut McKeown, TI adalah segala bentuk teknologi yang tercipta untuk menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

Sehingga teknologi ini juga dapat Anda artikan sebagai satu perangkat gabungan yang memiliki fungsi utama sebagai perangkat pengolah data.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi

Adanya TI telah mengubah cara hidup dan berkomunikasi. Perkembangannya yang pesat selama beberapa tahun terakhir telah mengubah dunia menjadi lebih terkoneksi dan efisien.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebenarnya sudah berjalan selama ribuan tahun lalu dengan ditemukannya sistem penulisan dan pencatatan tersistem.

A. Awal Mula Teknologi Informasi dalam Bentuk Komputer

Sementara akar dari teknologi adalah pada abad ke-19 dengan penemuan mesin hitung mekanis, seperti mesin diferensial Charles Babbage. Kemudian, pada awal abad ke-20, John Atanasoff dan Clifford Berry membangun komputer berbasis digital pertama, meskipun masih dalam bentuk kerangka saja.

Kemudian masa komputer elektronik dimulai pada tahun 1946 dengan penemuan Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly. ENIAC adalah komputer elektronik pertama yang mampu menyelesaikan perhitungan matematis kompleks dengan kecepatan luar biasa.

Sementara kerangka dasar jaringan dimulai pada tahun 1969, diamana ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network) diluncurkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. ARPANET merupakan cikal bakal jaringan komputer yang kemudian berkembang menjadi internet.

B. Munculnya Internet of Things pada Teknologi Informasi

Pada tahun 1990-an, internet mulai diakses oleh masyarakat umum. Perkembangan internet membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, seperti komunikasi, pendidikan, perdagangan, dan hiburan.

C. Dominasi Artificial Intelligence

Kemudian saat ini perkembangan TI telah mencapai era Artificial Intelligence atau AI, dimana segala informasi telah diolah secara robotik dan real time.

AI membuat segala pengelolaan dan penyimpanan data dan informasi lebih mudah dan aman.

Fungsi Teknologi Informasi

Setelah mengetahui pengertian dari teknologi informasi, sekarang Anda kami ajak menuju fungsi utama dari teknologi informasi.

Secara umum, ada enam fungsi utama dari teknologi informasi yang sering Anda temui pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah fungsi teknologi informasi.

1. Menangkap Data

Teknologi informasi bertugas menangkap data baik dari pelanggan maupun dari perusahaan itu sendiri. Tujuannya adalah mendapatkan informasi terkait referensi data-data selanjutnya.

2. Mengolah Data

Fungsi teknologi informasi adalah sebagai pengelola data secara  real-time dan efektif. Teknologi informasi dengan konsep pengolahan data yang baik mampu memberikan informasi yang lengkap dan tepat sasaran.

3. Menghasilkan

Salah satu fungsi teknologi informasi adalah menghasilkan suatu informasi dalam bentuk yang lebih efisien dan berguna. Beberapa contohnya seperti tabel dan grafik.

4. Menyimpan

Fungsi teknologi informasi yang utama adalah sebagai media penyimpanan informasi yang aman. Data  dalam TI harus tersimpan dengan aman dan tidak mengandung virus atau hal berbahaya lainnya seperti malware.

5. Mencari Kembali (Backup)

Selain sebagai media penyimpanan, teknologi informasi juga menjadi solusi untuk melakukan backup dalam rangka melindungi data dan informasi di dalamnya. 

Dengan kemampuan mencari kembali, data yang awalnya terhapus akan dengan mudah dipulihkan.

6. Transmisi

Dalam hal pengiriman, transmisi data adalah salah satu hal yang paling penting. Salah satu fungsi dari teknologi informasi adalah melakukan transmisi data dan informasi yang efektif kepada siapapun.

Cara Kerja Teknologi Informasi

Pemanfaatan teknologi informasi
Bermain game merupakan salah satu manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi di bidang hiburan (sumber: pexels)

Cara kerja TI adalah empat dasar yang saling berkaitan. Empat dasar ini bekerja sesuai dengan kebutuhan dan prosedurnya masing-masing.

Berikut keempat dasar yang menjadi cara kerja teknologi informasi.

1. Komputer dan Perangkat Keras

Perangkat keras atau hardware adalah salah satu dasar dari cara kerja teknologi informasi. Dalam hal pengoperasian dan aplikasinya, perangkat keras menjadi media utama dalam mengoperasikan setiap konsep dalam TI.

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software adalah perpanjangan tangan dari hardware atau perangkat keras. Jika perangkat keras mengoperasikan sistem komputasi pada TI, software atau perangkat lunak mengarahkan informasi tersebut lebih detail.

Contohnya seperti aplikasi edit video yang khusus untuk mengedit video dan membuat film.

3. Jaringan dan Komunikasi

Jaringan menjadi dasar dalam melakukan transmisi dan pemindahan data yang berdasarkan pada konsep real-time seperti contohnya dapat Anda rasakan pada internet dan penggunaanya. Misalnya seperti aplikasi desain web yang memerlukan internet, dan lain sebagainya.

4. Manajemen Informasi

Meskipun bernama teknologi informasi, dasar manajemen informasi masuk pada bagian terakhir struktur kerja TI itu sendiri.

Manajemen informasi menjadi tumpuan dalam memberikan informasi dan melakukan pengolahan serta penyimpanan informasi.

5 Contoh Teknologi Informasi

Setelah mengetahui cara kerja TI dalam kehidupan dan aktivitas digital, Berikut artikel ini sertakan lima contoh TI dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam operasional aktivitas digital.

1. Smartphone

Smartphone
Sebuah smartphone (Sumber: New York Times)

Smartphone adalah perangkat serbaguna yang menggabungkan fungsi telepon, kamera, pemutar musik, internet, dan berbagai aplikasi lainnya.

Contoh teknologi informasi ini memungkinkan komunikasi melalui panggilan suara, pesan teks, email, dan berbagai aplikasi media sosial.

Smartphone telah merevolusi cara kita berkomunikasi, bekerja, dan mengakses informasi. Mereka juga memungkinkan akses cepat dan mudah ke layanan dan informasi penting kapan saja dan di mana saja.

2. Personal Computer (PC)

Personal computer
Sebuah personal computer (PC) (Sumber: Lifewire)

Kemudian, ada PC atau personal computer yang merupakan komputer yang kita gunakan pada umumnya. Laptop dan komputer pribadi digunakan untuk berbagai tugas, termasuk pekerjaan kantor, pendidikan, desain grafis, pengembangan perangkat lunak, dan gaming.

Perangkat TI ini dilengkapi dengan berbagai perangkat lunak produktivitas, aplikasi multimedia, dan alat komunikasi.

Perangkat ini meningkatkan produktivitas dan kreativitas, memungkinkan pekerjaan jarak jauh, dan menyediakan platform untuk pembelajaran dan hiburan.

3. Internet

Internet
Ilustrasi internet (sumber: global institute)

Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer di seluruh dunia, memungkinkan transfer data dan komunikasi antar pengguna.

Pemakaiannya mencakup browsing web, email, media sosial, streaming video, dan banyak lagi. Internet telah mengubah cara kita bekerja, belajar, berbelanja, dan bersosialisasi.

Dan juga telah membuka peluang baru untuk bisnis, pendidikan, dan hiburan.

4. Website

Website
Ilustrasi website (sumber: jmc it consultant)

Website adalah sebuah perangkat informasi yang memberikan lebih banyak wawasan dan merupakan salah satu perluasan dari internet.

Umumnya perangkat TI ini berupa halaman-halaman yang terdiri dari teks, gambar, video, dan elemen multimedia lainnya. Setiap website memiliki alamat unik yang dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator).

Dengan website, bisnis digital akan semakin mudah dan menguntungkan. Inovasi ini memberikan berbagai keuntungan baik bagi pihak konsumen maupun perusahaan.

5. E-Wallets

E-wallet
Ilustrasi E-wallet (Sumber: Finansial Bisnis)

Sistem pembayaran digital seperti PayPal, Apple Pay, dan berbagai e-wallet lainnya memungkinkan transaksi keuangan tanpa menggunakan uang tunai.

E-wallets dapat digunakan untuk belanja online, pembayaran tagihan, transfer uang, dan pembayaran di toko fisik menggunakan smartphone.

Teknologi ini memudahkan transaksi keuangan, mengurangi ketergantungan pada uang tunai, dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan pembayaran.

Manfaat Teknologi Informasi

Setelah mengetahui cara kerja dari teknologi ini, sekarang artikel ini akan mengajak Anda mengetahui manfaat TI.

Ada banyak manfaat yang dapat mengubah segala bidang pekerjaan. Berikut adalah manfaat pada TI dan komunikasi dalam beberapa bidang.

1. Manfaat dalam Pendidikan

Adapun manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah menghadirkan informasi terkait pendidikan yang berkualitas dan dapat diakses siapapun, baik pengajar maupun pelajar.

2. Manfaat dalam Bisnis dan Perbankan

Sementara itu, manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis, terutama perbankan adalah memberikan akses transaksi dan pembayaran yang aman dan efisien.

Dalam hal ini manfaat teknologi informasi dan komunikasi pada bisnis adalah memberikan informasi produk yang detail kepada pelanggan dan informasi terkait perusahaan yang lebih lengkap.

3. Manfaat dalam Militer

Kemudian manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia militer adalah memberikan keamanan pada setiap informasi rahasia militer dan juga memberikan sistem komunikasi yang lebih terpusat dan efektif.

Contohnya seperti Angkatan Udara Amerika Serikat yang menggunakan sistem radar digital untuk seluruh pesawat jet tempurnya.

4. Manfaat untuk Pemerintahan

Kemudian manfaat dari TI untuk pemerintahan adalah memberikan sistem informasi yang lengkap dan pengelolaan yang lebih cepat kepada masyarakat. Sehingga sistem birokrasi berjalan lebih efektif dan efisien.

5. Manfaat untuk Hiburan

Selain pada hal-hal yang krusial seperti pemerintahan, militer, dan pendidikan, TI dan komunikasi bermanfaat bagi dunia hiburan.

Beberapa perangkat lunak adalah game baik offline maupun offline. Selain game ada beberapa software lainnya seperti media sosial dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikian informasi artikel ini terkait teknologi informasi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Anda telah mengetahui pengertian TI dan awal mula perkembangannya, hingga cara kerja dan manfaatnya dalam beberapa bidang.

Teknologi informasi telah membawa banyak perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari, dari cara kita berkomunikasi hingga bagaimana kita melakukan transaksi keuangan dan mengelola sebuah bisnis digital.

Kehadiran inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kenyamanan, tetapi juga membuka berbagai peluang baru dalam berbagai aspek kehidupan.

Teknologi informasi adalah suatu perangkat yang tersusun dengan rapi dengan tujuan untuk menyampaikan data dan mengolahnya secara efisien dan efektif.

Dasar dari teknologi informasi adalah sistem komputasi yang kompleks dan manajemen informasi yang detail. Teknologi informasi menjadi sarana yang tepat bagi anda yang berbisnis secara digital melalui website.

Dalam hal ini, percayakan pembuatan aplikasi website kepada Sekawan Media. Sekawan Media adalah perusahaan IT profesional yang berfokus pada jasa pembuatan aplikasi dan website.

Kami membuat website yang berkualitas dan mampu sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kontak Sekawan Media untuk mendapatkan penawaran khusus lebih lanjut.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: