Surveillance Audit adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Daftar Isi
Daftar Isi
Surveillance audit adalah proses audit berkala yang dilakukan oleh badan sertifikasi untuk memantau kepatuhan organisasi terhadap standar tertentu setelah sertifikasi awal diberikan.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, menjaga standar kualitas dan kepatuhan terhadap regulasi adalah hal yang krusial. Selain itu, perlu juga sebuah pengawasan agar tetap memastikan bisnis tersebut tetap berada pada jalur yang benar dalam mempertahankan standar kualitas dan kepatuhan mereka.

Hal tersebut bisa kita atasi dengan surveillance audit. Lalu apa itu surveillance audit? Singkatnya surveillance audit atau agar lebih mudahnya surveillance adalah audit pemantauan yang perlu dilaksanakan terhadap organisasi yang mendapatkan sertifikasi ISO.

Agar Anda dapat lebih memahami secara lengkap, Anda berada di halaman artikel yang tepat karena kami akan menjelaskannya secara mendalam.

Pengertian Surveillance Audit

Gambar drone
Gambar drone (sumber: pexels)

Surveillance adalah audit kegiatan pemantauan yang bertujuan untuk mengawasi dan memastikannya agar tetap pada standar tertentu. Tujuan dari audit ini adalah untuk memastikan bahwa implementasi ISO oleh organisasi atau perusahaan tersebut masih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu terdapat juga surveillance system. Surveillance system adalah sistem yang digunakan untuk melakukan pemantauan secara terus-menerus dan sistematis.

Surveillance audit adalah jenis audit yang dilakukan secara berkala setelah organisasi menerima sertifikasi untuk memastikan bahwa mereka terus mematuhi persyaratan standar yang relevan, seperti ISO 9001, ISO 14001, atau standar lainnya.

Tujuan Surveillance Audit

Tujuan utamanya adalah untuk memantau kontinuitas organisasi terhadap standar yang telah disertifikasi. Audit ini juga berfungsi untuk menilai efektivitas sistem manajemen yang diterapkan serta untuk memastikan tidak ada penurunan kualitas atau pelanggaran terhadap persyaratan yang ada.

Perbedaan dengan Audit Sertifikasi dan Re-audit

Saat lembaga sertifikasi melakukan audit, mereka akan mengeluarkan tindakan korektif yang perlu ditangani dengan serius. Selain itu, laporan audit akan dihasilkan sebagai catatan untuk perusahaan. Salah satu perbedaan yang perlu diperhatikan adalah jumlah jam yang akan dihabiskan selama proses audit.

Dalam Audit Sertifikasi atau Audit Resertifikasi, auditor dari lembaga sertifikasi akan menilai apakah pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sudah sesuai dengan standar ISO atau belum. Mereka juga akan mengevaluasi efektivitas proses, dokumentasi perusahaan, serta upaya perbaikan yang dilakukan secara berkelanjutan.

Biasanya, audit sertifikasi ini memerlukan beberapa hari untuk diselesaikan, tergantung pada ukuran perusahaan dan kompleksitas SMM yang diterapkan.

Fokus Utama dalam Surveillance Audit

Audit ini biasanya akan berfokus pada beberapa aspek. Lantas apa saja aspek-aspek tersebut? Agar Anda mengetahui aspek tersebut, berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Perubahan dalam Sistem Manajemen, mengidentifikasi dan mengevaluasi perubahan yang telah dilakukan sejak audit terakhir.
  • Pencapaian Target, memeriksa apakah organisasi telah mencapai target dan sasaran yang telah ditetapkan.
  • Penanganan Ketidaksesuaian Sebelumnya, memastikan bahwa tindakan korektif telah diambil dan efektif dalam menangani ketidaksesuaian yang ditemukan dalam audit sebelumnya.

Manfaat Surveillance Audit

Setelah penjelasan-penjelasan sebelumnya, pastinya surveillance audit ini tidak terlepas dari beberapa manfaat yang ada. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat utama dari surveillance audit:

  • Peningkatan Kepercayaan Pelanggan, menunjukkan komitmen organisasi terhadap kualitas dan kepatuhan yang berkelanjutan.
  • Perbaikan Berkelanjutan, mendorong organisasi untuk terus melakukan perbaikan terhadap sistem manajemen mereka.

Keterkaitan dengan Standar Internasional

Surveillance audit sering kali dilakukan berdasarkan standar internasional seperti ISO 9001 (manajemen mutu), ISO 14001 (manajemen lingkungan), dan lainnya. 

Audit ini memastikan bahwa organisasi terus mematuhi persyaratan yang ditetapkan oleh standar tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini tentang surveillance audit. Dapat kita simpulkan bahwa surveillance audit adalah proses penting untuk menjaga kualitas dalam sistem manajemen bisnis.

Melalui audit ini, organisasi dapat memastikan bahwa standar yang telah dicapai tetap dipertahankan dan ditingkatkan secara berkelanjutan.

Berhubung saat ini kita membahas surveillance audit, kami Sekawan Media juga menyedikan solusi tersebut untuk bisnis Anda dan pastinya sudah diuji selama bertahun-tahun dan dipercaya oleh banyak perusahaan.

Dapat kami pastikan solusi yang kami tawarkan ini menyediakan pembuatan aplikasi yang user-friendly, dapat memonitor secara real-time, serta memiliki keuntungan berupa peningkatan operasional yang pastinya akan menguntungkan bagi bisnis Anda. 

Sekawan Media menawarkan solusi aplikasi audit untuk membantu proses surveillance audit jika Anda ingin mencari informasi lebih lanjut atau sekedar berdiskusi tentang surveillance audit untuk kebutuhan bisnis Anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: