Virtex adalah: Pengertian, 3 Jenis, dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi
Daftar Isi
Virtex atau Virus Text adalah jenis serangan siber yang memanfaatkan pesan teks berbahaya untuk menginfeksi perangkat target. Sering kali serangan ini dilakukan secara tersembunyi dalam bentuk file atau link, tetapi saat diakses mampu menyebarkan malware atau mencuri informasi pribadi pada perangkat tersebut.

Dengan berjalannya zaman, semakin banyak aplikasi yang digunakan untuk mengirim pesan kepada orang yang ingin kita tuju. Namun, perlu diperhatikan saat Anda menerima pesan yang tidak jelas, terlebih lagi pesan tersebut berisikan simbol-simbol yang tidak jelas.

Pesan tersebut dapat kita sebut dengan virtex. Apa itu virtex? Apakah virtex termasuk berbahaya? Apakah ada cara agar kita terhindar dari jenis pesan tersebut? Untuk penjelasan tersebut, mari kita simak dan pahami bersama.

Apa itu Virtex?

Contoh serangan virtex
Virtex adalah (sumber: cyberthreat.id)

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, virtex adalah sebuah virus yang terdiri dari sejumlah besar karakter dan simbol yang sulit dibaca. Virus ini umumnya disebarkan melalui aplikasi smartphone, seperti WhatsApp. Vitex adalah singkatan dari virtual text.

Virus ini dapat masuk melalui tautan, aplikasi, atau video yang tidak sengaja dibuka oleh pengguna smartphone. Virtex dapat menyerang aplikasi yang telah terinstal dan berpotensi membuat perangkat Anda mengalami lag atau hang.

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika Anda tiba-tiba menerima pesan pendek, terutama di aplikasi WhatsApp, yang berisi berbagai karakter unik dalam jumlah yang banyak. Pesan semacam ini dapat membuat akses ke WhatsApp menjadi sulit, yang merupakan dampak dari virtex tersebut.

Ketika virtex ini menyerang, aplikasi WhatsApp Anda akan mengalami lag yang berkepanjangan. Bahkan, Anda mungkin perlu waktu yang lama dan mengalami kesulitan untuk mengakses kembali aplikasi tersebut.

Situasi ini tentu sangat merepotkan, mengingat bagi banyak orang, WhatsApp sering dijadikan sebagai platform untuk berbisnis dan mencari penghasilan.

Jika Anda sudah terpapar virtex ini, satu-satunya solusi yang dapat dilakukan adalah mematikan ponsel dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Meskipun sangat merepotkan, ini adalah satu-satunya langkah yang dapat diambil.

Apakah Virtex Termasuk Berbahaya?

Virtex dapat dianggap sebagai virus yang berpotensi berbahaya, namun tidak selalu demikian. Tingkat bahayanya tergantung pada seberapa serius infeksi virtex yang dialami. 

Virtex dapat dianggap berbahaya jika virus tersebut telah menginfeksi aplikasi lain, yang membuat Anda tidak dapat menggunakan ponsel dengan normal. Sebaliknya, dalam kasus yang lebih ringan, virtex hanya menyebabkan WhatsApp atau aplikasi yang terinfeksi mengalami lag untuk sementara waktu.

Karakteristik Virtex

Dari penjelasan singkat yang sudah dipahami sebelumnya, dapat kita simpulkan terdapat berapa karakteristik dari virtex adalah antara lain:

1. Teks dengan Karakter Tidak Biasa

Karakteristik pertama virtex adalah mengandung ratusan atau ribuan karakter yang sulit dibaca dan memaksa aplikasi untuk memproses informasi yang berlebihan.

2. Mengganggu Aplikasi

Karakteristik kedua virtex adalah dapat menyebabkan aplikasi perpesanan atau media sosial menjadi lambat, tertutup tiba-tiba, atau tidak merespons.

3. Penyebaran Melalui Tautan atau Video

Karakteristik selanjutnya virtex adalah secara umum, virus ini menyebar melalui tautan mencurigakan, aplikasi palsu, atau video yang dibagikan di platform pesan.

4. Efek pada Perangkat

Karakteristik terakhir virtex adalah tidak hanya aplikasi yang mengalami gangguan, tetapi perangkat mungkin mengalami penurunan kinerja, hang, atau bahkan restart otomatis.

Jenis-jenis Virtex

Sama seperti virus komputer, virus text yang banyak menyerang WhatsApp juga memiliki berbagai jenis. Berikut ini kita akan membahas jenis-jenis virtex adalah antara lain:

1. Virtex Easy

Jenis pertama virtex adalah virtex easy yang merupakan tipe virtex yang memiliki dampak ringan dan tidak menimbulkan resiko besar. Biasanya, efek yang sementara. Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada terhadap jenis yang ini.

2. Virtex Sedang

Jenis kedua virtex adalah virtex sedang yang merupakan jenis virtex yang mampu memuat sekitar 66.000 karakter dan sering dikirim kepada beberapa target. Efek dari Virtex Sedang ini adalah menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak berfungsi dengan baik seperti biasanya.

3. Virtex Ganas

Jenis terakhir adalah virtex ganas yang sesuai dengan namanya, jenis ini merupakan tingkat tinggi dan bersifat lebih merusak. Virtex ganas dapat memuat lebih dari 66.000 karakter, menjadikannya lebih “berbahaya” dibandingkan jenis virus text sebelumnya.

Efek yang ditimbulkan dari virtex ini mampu merusak sistem operasi smartphone, terutama saat aplikasi dibuka. Selain itu, smartphone juga akan terasa lebih lambat saat digunakan dan bisa mengalami kerusakan total.

Cara Menghindari Virtex di WA

Walaupun virus text ini tidak seberbahaya virus lain, tetap penting bagi Anda untuk melakukan pencegahan agar terhindar dari virtex di WhatsApp. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari virtext adalah:

1.  Hati-Hati Dalam Memberikan Nomor WhatsApp

Langkah pertama cara menghindari virtex adalah tidak sembarangan memberikan nomor WhatsApp kepada orang lain, terutama yang baru dikenal. Kita tidak pernah tahu niat mereka, sehingga lebih baik hanya membagikan nomor kepada orang-orang yang dapat dipercaya.

2. Segera Hapus Pesan dari Nomor Asing

Virtex sering kali menyerang melalui pesan yang dikirim oleh nomor asing. Jika Anda menerima pesan dari nomor yang mencurigakan yang berisi karakter aneh, sebaiknya jangan dibuka dan langsung hapus pesan tersebut. Jika ingin tahu isi pesan, bisa memanfaatkan sistem widget pada smartphone untuk melihat tanpa membuka aplikasi WhatsApp.

3. Gunakan WhatsApp Immune

WhatsApp Immune adalah aplikasi MOD WhatsApp yang dirancang untuk tahan terhadap serangan virtex. Menggunakan aplikasi ini dapat membantu Anda terhindar dari ancaman virtex.

Cara Mengatasi Virtex WA

Gambar seseorang sedang memegang smartphone
Virtex adalah (sumber: Pexels.com)

Lalu, bagaimana jika WhatsApp kita sudah terinfeksi virus text ini? Jangan khawatir, karena ada beberapa langkah cara mengatasi virtex wa yang bisa Anda terapkan.

1.  Segera Hapus Pesan yang Mengandung Virtex

Langkah pertama cara mengatasi virtex adalah segera menghapus pesan yang memuat virtex. Namun, pastikan Anda tidak membuka pesan tersebut sebelum menghapusnya. Jika memungkinkan, segera blokir nomor pengirim.

2. Paksa Hentikan Aplikasi WhatsApp

Jika Anda sudah terlanjur membuka pesan yang mengandung virtex, langkah selanjutnya untuk cara mengatasi virtex adalah memaksa WhatsApp untuk berhenti. Opsi “Paksa Henti” biasanya tersedia di pengaturan aplikasi. Setelah itu, buka kembali WhatsApp dan segera hapus pesan tersebut.

3. Hapus Data dan Instal Ulang WhatsApp

Langkah terakhir cara mengatasi virtex adalah menghapus data dan menginstal ulang WhatsApp. Hal ini dapat dilakukan jika virus text yang menyerang adalah jenis ganas. Jika WhatsApp mengalami lag, segara hapus data aplikasi untuk mencegah efek virtex yang lebih parah.

Setelah menghapus data, matikan ponsel Anda sejenak, lalu hidupkan kembali, dan mulailah untuk menginstal ulang aplikasi tersebut. Meskipun langkah ini cukup merepotkan karena akan menghapus data dan chat yang ada, penting untuk mencadangkan WhatsApp secara berkala agar data tetap aman.

Contoh Virtex

Berikut ini beberapa contoh yang terkait dengan virus virtex adalah antara lain:

1.  Pesan WhatsApp dengan Teks Aneh atau Simbol

Contoh virtex pertama adalah beberapa pengguna WhatsApp mungkin menerima pesan dengan karakter yang tidak terbaca atau simbol-simbol aneh yang sangat panjang. Ketika pesan ini dibuka, aplikasi WhatsApp menjadi tidak responsif dan dapat menyebabkan perangkat mengalami lag atau crash.

2. Tautan Berbahaya

Contoh virtex kedua adalah virus ini sering disebarkan melalui tautan yang tampak mencurigakan seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Jika pengguna tidak sengaja mengklik tautan tersebut, bisa jadi virus atau malware terunduh secara otomatis ke perangkat mereka, menyebabkan masalah pada aplikasi yang sudah terinstal.

3. Video Palsu atau File yang Tidak Valid

Contoh terakhir virtex adalah video atau file multimedia yang dibagikan melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Telegram bisa jadi cara penyebaran virtex.

Begitu file ini dibuka, aplikasi atau bahkan sistem operasi ponsel bisa mengalami gangguan kinerja, seperti hang atau bahkan restart otomatis.

Kesimpulan

Dalam artikel ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa virtex adalah jenis virus berbentuk teks yang terdiri dari karakter dan simbol-simbol yang sulit dibaca, sering kali disebarkan melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Meskipun tidak selalu berbahaya, virtex dapat mengganggu kinerja aplikasi, menyebabkan lag, atau bahkan membuat aplikasi tidak dapat digunakan. 

Apabila Anda mengalami virus tersebut, tindakan yang bisa dilakukan termasuk memaksa aplikasi berhenti, menghapus data aplikasi, dan menginstal ulang WhatsApp. Pencegahan dan kewaspadaan adalah kunci untuk melindungi perangkat dari ancaman virtex ini.

Terakhir, kami Sekawan Media menyediakan berbagai jasa serta solusi yang dapat membantu Anda terutama dalam masalah IT. Kami sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak kami untuk mendapatkan konsultasi terkait keamanan aplikasi dan website Anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: