Rekomendasi Aplikasi Audit Terbaik untuk Perusahaan Anda

Daftar Isi
Daftar Isi
Aplikasi audit merupakan software yang membantu memudahkan proses audit dari tim internal perusahaan, untuk dapat memantau setiap aktivitas produksi agar sesuai dengan standar yang berlaku.

Dalam setiap perusahaan pasti memiliki tim tersendiri yang memiliki tugas untuk memastikan akurasi, kepatuhan terhadap standar dan peraturan, serta untuk mengidentifikasi area yang perlu perbaikan. Sebut saja tim tersebut bernama tim audit.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mereka membutuhkan sesuatu yang dapat membantu mereka untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas bersama mengenai aplikasi audit yang harapannya dapat membantu para tim audit.

Contoh implementasi aplikasi audit
Aplikasi Audit (sumber: Pexels.com)

Pengertian Audit

Sebelum kita membahas rekomendasi aplikasi audit, pentingnya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari audit itu sendiri. Jadi, audit adalah proses sistematis untuk mengevaluasi dan memeriksa laporan keuangan, sistem, atau proses dalam suatu organisasi.

Audit biasanya dilaksanakan oleh auditor yang memiliki kompetensi, bersifat objektif, dan netral. Secara umum, tujuan dari audit adalah untuk menilai dan memastikan bahwa data yang dianalisis telah sesuai dengan standar, peraturan, dan praktik yang berlaku.

Dalam konteks bisnis, audit umumnya dikenal sebagai laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan publik untuk menilai kelayakan penyajian laporan keuangan yang disusun oleh perusahaan, dengan berpedoman pada prinsip akuntansi yang diakui.

Dengan adanya aplikasi audit, mereka akan merasa terbantu dalam proses audit dengan mempermudah pengumpulan data, analisis, dan pelaporan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh auditor internal, auditor eksternal, serta perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam melakukan audit.

Terdapat juga aplikasi e audit yang merupakan sebuah platform berbasis web yang digunakan oleh organisasi pemerintah untuk melaksanakan audit internal.

Manfaat Aplikasi Audit

Dengan membaca sekilas mengenai pengertian dari audit dan aplikasi audit, dapat kita ketahui bahwa aplikasi tersebut sangat memiliki banyak manfaat.

Namun secara keseluruhan aplikasi tersebut memberikan manfaat yang dapat mempercepat proses audit dengan otomatisasi tugas-tugas rutin.

Aplikasi audit juga memberikan manfaat berupa mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam pengumpulan dan analisis data.

Terakhir, aplikasi ini juga dapat mempermudah penyusunan laporan audit yang komprehensif dan pastinya mudah dipahami.

Tips Memilih Aplikasi Audit

Gambar orang memegang smartphone
Aplikasi Audit (sumber: Pexels.com)

Supaya tidak salah langkah dalam memilih aplikasi audit, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih aplikasi audit.

1. Data dan Analitik

Salah satu aspek krusial dalam pemilihan aplikasi audit management adalah kemampuan analisis data dan analitik. Sebuah aplikasi manajemen audit yang baik harus mampu mereduksi kompleksitas dalam proses pengumpulan data, seperti melalui penggunaan API untuk sinkronisasi.

Aplikasi tersebut juga perlu dilengkapi dengan fitur analitik, termasuk kemampuan visualisasi data untuk mendeteksi resiko dan mengotomatiskan keunggulan aplikasi audit dibandingkan dengan penggunaan excel.

2. Integrasi

Fitur penting lainnya yang harus ada dalam aplikasi ini adalah kemampuan integrasi. Hal ini sangat membantu dalam koordinasi antar departemen untuk keperluan audit.

Dengan adanya sistem integrasi yang solid, tim audit internal dapat lebih memahami situasi di area lain, termasuk terkait dengan kepatuhan terhadap peraturan keamanan informasi.

Dengan Audit Management Software (AMS) yang terintegrasi, semua pihak dapat memantau secara langsung proses audit yang sedang berlangsung, sehingga menghasilkan proses yang lebih efisien dan hasil audit yang lebih komprehensif.

3. Keamanan

Fitur penting lainnya yang harus ada dalam aplikasi ini adalah keamanannya. Pastikan aplikasi audit tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena tanggung jawab atas pengelolaan berbagai informasi perusahaan.

Meskipun memiliki kemampuan analitik yang canggih, software tersebut tetap harus dilengkapi dengan protokol keamanan yang memadai. 

Untuk mengurangi resiko pencurian data dan ancaman lainnya, penting untuk memastikan bahwa aplikasi yang akan digunakan aman dan dapat diandalkan.

Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk meng-host software audit internal mereka di server sendiri, agar mereka bisa memenuhi persyaratan teknis dan keamanan dalam proses audit.

4. Pelaporan

Pelaporan adalah salah satu tahap manajemen data yang penting, sehingga perusahaan harus mempertimbangkan kemampuan pelaporan dari aplikasi audit yang akan digunakan.

Anda perlu memperkirakan waktu dan usaha yang diperlukan untuk menghasilkan laporan audit, khususnya jika tim audit internal menggunakan pendekatan penilaian resiko yang berkelanjutan.

Selain itu, Anda juga harus mengevaluasi apakah laporan temuan audit dapat dipahami dengan mudah oleh eksekutif, dewan, dan tim audit eksternal. Hal ini akan sangat bergantung pada kemampuan analisis data dalam membuat visualisasi yang jelas pada aplikasi yang Anda pilih.

5. Kemudahan Penggunaan

Aspek lain yang patut Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi audit adalah kemudahan penggunaannya. Hal ini mencakup antarmuka pengguna atau user interface dari aplikasi yang Anda gunakan.

Selain itu, penting pula untuk mempertimbangkan pengalaman pengguna (UI) dan user experience yang ditawarkan. Hal ini dapat dinilai dari kemiripan aplikasi dengan yang sudah familiar bagi Anda.

Semakin Anda merasa nyaman dengan UI dan UX aplikasi tersebut, semakin mudah pula penggunaanya. Dengan menggunakan sistem yang sudah dikenal, waktu yang diperlukan untuk mengelola data audit dapat lebih singkat.

Rekomendasi Aplikasi Audit

Terdapat banyak pilihan aplikasi audit yang dapat mempermudah tugas tim auditing Anda. Setelah membaca beberapa tips tentang memilih aplikasi audit, harapannya Anda dapat mempertimbangkan sebaiknya memilih aplikasi dengan fitur yang memang dibutuhkan.

Oleh karena itu, berikut adalah rekomendasi aplikasi manajemen audit yang dapat Anda pilih dan dapat dipastikan terpercaya.

1. Audithink

Logo audithink
Aplikasi Audit (sumber: audithink.com)

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Audithink. Aplikasi ini adalah software audit internal yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan dalam banyak industri untuk membantu proses manajemen audit dalam sistem internal perusahaan.

Aplikasi ini membantu para tim audit internal dalam perencanaan yang cermat, strategis, dan efektif. Sebagai contoh, aplikasi ini dapat merencanakan program audit tahunan dan jadwal pelaksanaan audit secara terperinci.

Audithink dapat memproses secara otomatis dan sederhana. Rancangan program kerja audit menggunakan template yang dapat disesuaikan oleh tim audit. Selain itu juga dapat men-generate laporan audit secara otomatis sehingga tim audit Anda tidak perlu susah-susah membuat laporan secara otomatis.

Audithink juga dapat melakukan pemantauan pelaksanaan action plan secara intensif. Sebagai contoh, aplikasi ini dapat memonitor ketepatan waktu pelaksanaan tindak lanjut dan membuat perencanaan program audit tahunan dan jadwal pelaksanaan audit secara terperinci.

Dengan beberapa fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya, sudah dapat dipastikan mengapa banyak perusahaan yang mempercayakan aplikasi audithink untuk membantu proses manajemen audit perusahaan mereka.

2. Diligent

Logo diligent
Aplikasi Audit (sumber: amt-it.com)

Perangkat lunak ini akan membantu Anda melakukan pemeriksaan data perusahaan dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga mengurangi proses manual yang sering memakan waktu dan tenaga.

Selain tampilan antarmukanya yang ramah pengguna, aplikasi ini juga memiliki berbagai keunggulan, seperti alat analisis dan teknologi robotik canggih, yang mendukung Anda dalam melakukan audit secara maksimal dan profesional.

Lebih jauh lagi, Diligent Audit Management dilengkapi dengan teknologi pembelajaran mesin serta analisis perspektif yang terintegrasi, sehingga memperlancar alur kerja Anda.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang aplikasi audit. Kita dapat ambil kesimpulan bahwa, aplikasi audit memainkan peran penting dalam mempercepat dan mempermudah proses audit, dari pengumpulan data hingga pelaporan.

Dengan adanya fitur-fitur seperti analitik data, integrasi antar departemen, keamanan yang tinggi, dan pelaporan yang efisien, aplikasi ini membantu organisasi mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi serta efektivitas audit.

Dengan memilih aplikasi audit yang sesuai kebutuhan, organisasi dapat memastikan proses audit berjalan lebih lancar dan hasilnya lebih komprehensif.

Sebagai penutup, jika Anda mencari aplikasi audit terpercaya, kami Sekawan Media menyediakan solusi pembuatan aplikasi audit yang akan membantu tim audit perusahaan Anda dalam mengumpulkan data hingga pelaporan.

Jika Anda tertarik dan ingin bertanya atau berkonsultasi mengenai kebutuhan audit perusahaan Anda, segera coba demo aplikasi yang kami sediakan.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: