Aplikasi Marketplace: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Aplikasi marketplace adalah software digital yang memungkinkan penjual dan pembeli bertemu secara online untuk melakukan transaksi jual beli produk atau jasa.

Pada zaman dahulu orang-orang harus pergi keluar rumah hanya untuk membeli bahan makanan, pakaian, alat kecantikan, dan masih banyak lagi. Apapun akan mereka lakukan demi mendapatkan barang tersebut di toko-toko langganan mereka.

Namun, sekarang sudah serba teknologi termasuk melakukan kegiatan jual-beli sudah bisa dilakukan melalui benda kecil berbentuk persegi panjang atau bisa kita sebut ponsel. Semua yang kita inginkan bisa kita beli melalui marketplace atau e-commerce langganan mereka.

Selain itu, orang-orang tidak harus pergi keluar karena semua barang yang akan dipesan akan diantarkan di alamat rumah kita.

Sesuai yang sudah dibahas sebelumnya, kali ini kita akan membahas tentang aplikasi marketplace. Agar Anda semakin paham, mari kita simak bersama.

Pengertian Marketplace

Gambar aplikasi marketplace pada perangkat mobile
Aplikasi Marketplace (sumber: pexels)

E-Commerce adalah platform digital yang memungkinkan seseorang atau pemilik bisnis untuk membeli dan menjual barang atau jasa secara online.

Marketplace di sisi lain, adalah jenis e-commerce di mana platform tersebut memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli dari berbagai pihak di satu tempat, seperti contoh aplikasi marketplace Tokopedia atau Amazon.

Menurut hasil survei yang ada, sebanyak 92% orang merasa puas menggunakan aplikasi marketplace karena memiliki efisiensi yang sangat berdampak besar bagi penggunanya.

Para pengguna tidak perlu keluar untuk melakukan transaksi jual-beli, karena semuanya bisa dilakukan di rumah.

Manfaat Aplikasi Marketplace

Penggunaan smartphone
Manfaat Aplikasi Marketplace (sumber: pexels)

Sebelumnya sudah kita singgung sedikit mengenai manfaat dari aplikasi marketplace. Namun, perlu kita ketahui juga terdapat beberapa manfaat dari aplikasi marketplace yang dapat kita rasakan. Berikut ini adalah manfaat-manfaat tersebut:

1. Akses ke Beragam Produk

Pengguna dapat menemukan berbagai produk dari berbagai penjual dalam satu platform, memudahkan perbandingan harga dan kualitas.

2. Kemudahan Transaksi

Marketplace menyediakan fitur-fitur seperti metode pembayaran yang beragam, pelacakan pengiriman, dan layanan pelanggan, yang memuat transaksi menjadi lebih mudah dan aman.

3. Peluang Bisnis

Bagi para penjual, marketplace memberikan akses ke pasar yang lebih luas tanpa perlu investasi besar dalam infrastruktur. Hal ini juga memungkinkan usaha kecil untuk bersaing dengan pemain besar.

4. Promosi dan Diskon

Marketplace sering  menawarkan promosi dan diskon yang menarik, baik dari penjual maupun dari platform itu sendiri, yang dapat menguntungkan pembeli.

Contoh Aplikasi Marketplace

Setelah kita memahami tentang penjelasan dan manfaat-manfaatnya, kali ini kita akan simak bersama-sama contoh aplikasi marketplace yang sering digunakan di Indonesia.

1. Shopee

Aplikasi Shopee atau biasanya orang-orang menyebutnya toko oren, meraih peringkat pertama sebagai aplikasi marketplace terbaik di Indonesia dan sudah banyak yang mengunduh aplikasi tersebut.

Alasan utamanya adalah karena harga produk yang ditawarkan sangat terjangkau daripada platform yang lain.

Kategori produk yang paling diminati di marketplace ini meliputi produk kecantikan, fashion, dan peralatan rumah tangga. Selain itu terdapat banyak fitur seperti ShopeeLive, asisten penjual, chat bot, dan masih banyak lagi yang dirancang untuk mempermudah pengalaman pengguna.

2. Tokopedia

Pada urutan kedua aplikasi marketplace terbaik adalah Tokopedia atau biasa orang-orang sebut toko hijau.  Berdasarkan hasil survei dari ecommerceIQ, salah satu alasan utama orang menggunakan aplikasi ini adalah pilihan produk yang ditawarkan. UMKM menjadi penguasa jumlah pedagang di marketplace ini.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur yang memudahkan penjual, seperti promosi, statistik toko, obrolan massal, dan layanan keuangan untuk menjamin modal guna mengembangkan usaha.

Kategori produk yang paling banyak dicari dalam aplikasi ini termasuk elektronik, fashion, dan bahan makanan.

3. Bhinneka

Pada urutan selanjutnya aplikasi marketplace terbaik adalah Bhinneka. Mungkin sebagian orang-orang kurang mengetahui marketplace ini karena diluncurkan pada tahun 1999 sebagai toko online yang awalnya hanya menjual produk elektronik.

Kini telah berkembang menjadi platform bagi para pedagang untuk menawarkan berbagai produk, termasuk otomotif, kebutuhan industri, dan banyak lainnya.

Bhinneka juga berfungsi sebagai marketplace untuk memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) dan operasional pemerintah (B2G).

Setelah mengetahui beberapa aplikasi marketplace terbaik di indonesia kita juga akan membahas contoh aplikasi chat marketplace dan contoh aplikasi manajemen marketplace.

Aplikasi Chat Marketplace

Statistik menunjukkan bahwa keberadaan live chat sangat krusial, karena dapat meningkatkan efisiensi bisnis hingga 51%.

Penggunaan live chat di marketplace bahkan dapat mendorong konsumen untuk membelanjakan 60% lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Namun, banyaknya pesan yang masuk ke fitur chat di marketplace sering kali membuat bisnis kewalahan. Akibatnya, banyak pesan yang terabaikan, sehingga kehilangan peluang untuk meningkatkan pendapatan dari interaksi tersebut.

Untuk memaksimalkan fitur live chat di marketplace, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan, hal ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi live chat. Berikut ini adalah beberapa aplikasi chat marketplace terbaik.

1. Mekari Qontak

Aplikasi mekari qontak
Mekari Qontak (sumber: Nurosoft)

Mekari Qontak menyediakan aplikasi omni channel yang dapat mengintegrasikan berbagai aplikasi populer yang biasanya digunakan dalam bisnis. Salah satu integrasi tersebut adalah dengan marketplace terkenal di Indonesia, Tokopedia.

Fitur-fitur unggulannya adalah:

  1. Pesan dua arah,
  2. Mekari Airene,
  3. Laporan dan analitik
  4. Otomatisasi penyimpanan chat.
  5. Chatbot yang terintegrasi NLP,
  6. Support selama 24/7,
  7. Agent routing/chat transfer,
  8. Kustomisasi template,
  9. Integrasi CRM.

2. LiveAgent

Logo aplikasi liveagent
LiveAgent (sumber: thesmbguide)

LiveAgent menyediakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk menjawab chat dari berbagai marketplace dalam satu tampilan dashboard. Selain itu, LiveAgent hadir dengan antarmuka yang sederhana, sehingga memudahkan pengelolaan kontak pelanggan.

Biaya langganan LiveAgent dimulai dari $15 per bulan.

Berikut ini adalah fitur unggulan dari LiveAgent:

  1. Chat distribution,
  2. Max queue length,
  3. Online visitors,
  4. Real-time chat,
  5. Proactive Chat Invitations,
  6. Real-time typing view.

Aplikasi Manajemen Marketplace

Semakin berkembangnya zaman, sekarang terdapat aplikasi manajemen marketplace yang akan membantu Anda dalam pengelolaan operasional bisnis di platform platform e-commerce atau marketplace. 

Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa aplikasi manajemen marketplace terbaik.

1. Master Online

Pada urutan pertama aplikasi manajemen marketplace adalah Master Online. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengelola online shop secara rapi dan profesional.

Kecepatan dari aplikasi ini bisa dibilang stabil ditambah dengan aneka fitur yang sangat mendukung untuk membantu pengelolaan online shop.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, akan berbayar jika Anda ingin mengakses fitur yang lain. Meski begitu masih dibilang masih terjangkau harganya.

Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan beragam kurir untuk melakukan pengiriman paket lebih mudah. 

2. Sakoo

Pada urutan kedua aplikasi manajemen marketplace adalah Sakoo. Jika Anda ingin mengelola marketplace dengan model terpusat, aplikasi ini adalah solusinya. 

Kelebihan dari aplikasi ini memiliki fitur membalas pesan cepat secara profesional dengan mudah, penyimpanan yang lebih besar dan fitur promosi bisnis.

3. Jubelio

Pada urutan ketiga aplikasi manajemen marketplace adalah Junelio. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengelola bisnis banyak secara serempak, karena aplikasi ini mampu mengintegrasi lebih banyak marketplace yang Anda pegang. 

Aplikasi ini tidak hanya mengelola berbagai marketplace, tetapi juga memungkinkan listing produk, pengaturan stok, pemrosesan pesanan, kolaborasi dengan jasa pengiriman, dan akuntansi.

Jika Anda memiliki toko fisik, Jublio menawarkan pengelolaan stok gudang bersama dan layanan kasir online.

Aplikasi ini gratis digunakan, namun ada biaya Rp 250 per pesanan yang masuk.

Penutup

Demikianlah artikel kali ini tentang aplikasi marketplace. Dengan adanya aplikasi ini kita semakin dimudahkan dalam transaksi jual-beli. Selain itu, banyak sekali manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika menggunakan aplikasi ini.

Berhubung kita masih membahas tentang aplikasi marketplace dan anda juga tertarik untuk membuat aplikasi tersebut untuk bisnis Anda? Jangan khawatir karena kami Sekawan Media menyediakan solusi tersebut agar produk atau jasa yang Anda jual semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Aplikasi berbasis web yang kami kembangkan juga tersedia layanan “Get and Deliver” yang pastinya akan sangat  berguna untuk aplikasi yang akan Anda gunakan untuk menjual produk atau jasa Anda.

Segera kunjungi website kami untuk mencari informasi lebih terkait solusi yang kami tawarkan atau mungkin Anda bisa melakukan diskusi tentang aplikasi yang ingin Anda kembangkan dengan kontak yang tersedia.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: