Backup adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Contoh

Daftar Isi
Daftar Isi
Dalam pengelolaan data secara digital, kita harus memastikan agar data tetap tersimpan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan beberapa langkah untuk mencadangkan data apabila kondisi tidak memungkinkan untuk menyimpan atau mengakses data itu kembali. Hal ini kita kenal dengan istilah backup.

Backup adalah istilah untuk melindungi dan mengamankan data dari segala bentuk kehilangan total akan data-data tersebut. Baik karena data tersebut mengandung virus dan malware, ataupun jika data tersebut harus terhapus karena ada pembaruan sistem atau instalasi ulang pada perangkat dimana data tersebut tersimpan.

Dalam backup, ada beberapa persiapan dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar semua data dapat terlindungi secara keseluruhan dan nantinya masih dapat Anda akses meskipun harus menghapusnya untuk beberapa waktu yang cukup lama.

Dalam artikel ini, Anda akan kami ajak untuk memahami dan mengerti lebih dalam terkait bagaimana backup bekerja pada data. Dan bagaimana backup itu seperti pengertiannya secara umum dan spesifik, apa saja penyebab backup harus dilakukan, bagaimana cara kerja backup, dan manfaatnya pada data. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Backup Data

Ada mungkin belum mengenal istilah backup pada data secara umum. Apa itu backup? Secara umum, backup adalah suatu proses yang terangkai mulai dari persiapan, perencanaan dan mitigasi perlindungan data sebelum ada pembersihan pada perangkat dalam sebuah perusahaan.

Sehingga beberapa data yang terlindungi dapat Anda akses apabila proses pembersihan sudah selesai.

Secara spesifik, backup adalah serangkaian tindakan pengamanan data untuk memastikan data tetap terakses dan ada pasca suatu pembersihan sebuah server atau perangkat.

Hal ini Anda perlukan mengingat sebuah perangkat atau server adalah wadah yang harus melakukan pemindaian dan pembersihan secara berkala.

Pemindaian tersebut masuk kedalam proses pembersihan server atau perangkat sekaligus tahap awal dari proses backup data. Proses backup data dapat Anda lakukan baik secara keseluruhan yang melibatkan seluruh data maupun sebagian data yang umumnya merupakan data-data penting.

Penyebab Melakukan Backup

Backup melibatkan banyak persiapan dan terdiri dari beberapa tahapan. Nah, mungkin Anda berpikir mengapa harus melakukan sebuah backup pada data baik saat pembersihan akan berlangsung maupun secara berkala.

Berikut kami rangkum beberapa faktor pentingnya sebuah perusahaan melakukan backup data secara berkala.

1. Perlunya Pembaharuan Pengarsipan Data

Salah satu penyebab melakukan backup data pada sebuah perangkat secara berkala maupun saat akan melakukan pembersihan adalah perlunya sebuah perusahaan untuk memperbarui pengarsipan data dan memberikan pengelolaan data yang lebih baik.

2. Menyaring Data

Perusahaan juga perlu memperbarui data mereka dengan menyaring data. Anda harus menyaring sebuah data agar sebuah perusahaan mengetahui mana data yang masih mereka perlukan dan mana yang tidak. Sebuah data yang penting akan mereka backup dan data yang tidak akan terhapus.

3. Perlunya Membersihkan Penyimpanan Perangkat

Salah satu alasan lain mengapa sebuah backup penting bagi perusahaan adalah perusahaan perlu memindai dan membersihkan penyimpanan perangkat dari ancaman data atau file yang mengandung virus ataupun malware yang dapat membahayakan operasional data lainnya bahkan satu perangkat.

Cara Kerja Backup

Setelah Anda mengetahui pentingnya sebuah backup harus Anda lakukan untuk perusahaan Anda. Anda harus mengetahui cara kerja backup. Cara kerja backup terdiri dari beberapa jenis tahapan tergantung tipe perangkat yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa cara untuk backup.

1. Backup Data Menggunakan Hard Disk

Hard disk adalah media penyimpanan eksternal yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan semua data pada perangkat komputer Anda.

Hard disk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, sehingga sangat disarankan untuk melakukan backup data dengan hard disk daripada flashdisk yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.

Untuk menyimpan cadangan data, hard disk dapat digunakan dengan mudah, dimana data dapat disalin ke hard disk melalui komputer atau perangkat lainnya. Namun, ukurannya yang kecil membuat hard disk cukup sulit untuk dibawa.

2. Backup Data Menggunakan Cloud

Salah satu cara backup yang mudah adalah dengan menggunakan cloud. Karena tidak membutuhkan alat tambahan yang harus disambungkan ke perangkat, cara backup data cloud membolehkan pengguna melakukannya melalui Internet dan dapat diakses kapan pun jaringan Internet tersedia.

Beberapa layanan cloud yang tersedia secara gratis memiliki keterbatasan ruang penyimpanan, jadi Anda hanya dapat memasukkan data tertentu. 

3. Backup Data Menggunakan USB OTG

USB OTG adalah alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan ponsel ke flashdisk atau hard disk tanpa menggunakan komputer atau laptop. Alat ini hanya dapat membaca data pada ponsel, jadi pengguna dapat membackup data ponsel mereka tanpa mengirimkan semua data ke perangkat komputer. 

Manfaat Backup Data

Setelah Anda mengetahui ketiga cara backup secara umum yang sering kita jumpai, Anda sekarang menuju manfaat dari backup data. Selain penting, backup data juga memiliki manfaat tersendiri baik pada data maupun pada perangkat. Berikut adalah manfaat dari backup data.

1. Mencegah Kehilangan Data

Backup data melindungi data penting dari kehilangan karena kegagalan perangkat keras, serangan virus, atau kesalahan pengguna. Dengan backup data, data dapat dipulihkan jika terjadi kejadian yang merugikan.

2. Memulihkan Data dengan Cepat

Jika data hilang, proses backup memungkinkan pemulihan cepat. Memiliki salinan data memungkinkan organisasi atau individu untuk mengurangi waktu pemulihan yang cukup lama.

3. Perlindungan Serangan Malware

Melindungi dari serangan malware dengan backup menyediakan lapisan keamanan tambahan. Salinan data yang tidak terpengaruh dapat digunakan kembali seperti biasa jika data terkena serangan malware.

4. Melindungi dari Kerusakan Perangkat Keras

Backup dapat menjadi solusi untuk menyelamatkan data dalam kasus kerusakan perangkat keras seperti hard drive atau server yang rusak. Data dari media lain dapat dipulihkan kembali, jadi pengguna tidak kehilangan informasi penting.

5. Memelihara Konsistensi Data Terbaru

Salah satu manfaat backup dapat membantu memastikan konsistensi data dengan menyimpan salinan terbaru dari informasi yang ada. Pemulihan dapat memastikan bahwa versi terbaru dari file atau dokumen dapat diakses dan dipulihkan sesuai kebutuhan.

6. Meningkatkan Kualitas Operasional Perusahaan 

Dengansistem backup yang baik, perusahaan dapat beroperasi lebih efisien karena tidak perlu menghabiskan waktu dan sumber daya untuk mencari data yang hilang. Manfaat backup adalah memberikan akses cepat dan mudah terhadap data yang dibutuhkan.

Aplikasi Backup Data

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda jadikan preferensi dan pertimbangan untuk melakukn backup data.

Setiap aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur tersendiri yang memudahkan Anda dalam melakukan backup tergantung kebutuhan Anda. berikut kami sertakan dua aplikasi yang paling mudah untuk Anda gunakan.

1. Google Backup

Cara kerja backup
Jenis dokumen atau file yang dapat disimpan dalam Google Drive. (Sumber: Wikimedia Commons)

Google Backup adalah aplikasi backup yang terdapat di semua perangkat. Aplikasi ini akan mem-backup password Wi-Fi, Pengaturan aplikasi, dan juga data aplikasi. Untuk menggunakannya Anda cukup membuka menu Settings lalu pilih opsi Backup & Reset.

2.G-Cloud Backup

Adalah aplikasi backup yang berfokus pada backup dengan cara cloud. Aplikasi ini memiliki kapasitas yang cukup besar hingga tujuh gigabyte untuk versi gratisnya. Anda dapat menyimpan segala data dengan real-time dengan aplikasi ini.

Penutup

Demikian penjelasan kami melalui artikel ini terkait backup data. Backup data sangat penting bagi sebuah perusahaan karena sebuah perusahaan memiliki cara dan langkah-langkah dalam melakukan pemeliharaan data dan penyimpanan, baik dalam tahap pengarsipan hingga tahap pembersihan dan penyaringan data.

Backup data dapat menjadi sebuah metode manajemen data yang lebih baik dan lebih efektif bagi sebuah perangkat perusahaan.

Kemudian perusahaan juga akan meningkatkan tingkat keamanan mereka secara tidak langsung dengan melakukan backup secara berkala.

Sekawan Media merupakan perusahaan IT di Indonesia yang menyediakan berbagai solusi pengembangan aplikasi dan website untuk bisnis Anda secara end to end.

Kami membantu Anda membuat aplikasi dan website dengan sistem backup yang efektif dalam melakukan backup baik secara berkala maupun saat akan melakukan pembersihan. Kunjungi layanan kami untuk informasi lebih lanjut.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: