Branding Adalah: 6 Elemen hingga 8 Manfaat dalam Bisnis

Daftar Isi
Daftar Isi
Dalam bisnis dan jenjang karir, diperlukan suatu tindakan dan perilaku yang membuat orang mengenali kita. Hal tersebut dinamakan branding.

Setiap orang memiliki branding mereka masing-masing. Begitu pula dengan suatu produk. Branding bertugas “melabeli” produk atau orang tersebut kepada orang lain. Tujuan utama branding sebenarnya cukup sederhana, yaitu membuat orang mengerti mengenai spesifikasi orang maupun produk yang ditemuinya.

Semuanya memiliki beberapa tahapan, sehingga tidak boleh sembarangan dalam membuat sebuah branding. Branding mampu menghadirkan citra yang baik maupun buruk tergantung bagaimana produk atau orang itu mengelola branding mereka.

Kegiatan ini sangat berkaitan dengan strategi marketing pada suatu produk di perusahaan dan juga pada persona seseorang secara individu.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang definisi dari branding, elemen apa saja yang harus Anda lakukan, bagaimana cara menyusunnya dengan benar, serta manfaat dan contoh dari kegiatan itu dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan artikel berikut.

Branding Adalah: Pengertian

Menurut bahasa, branding berasal dari kata brand. Apa itu brand? Brand dalam bahasa Inggris berarti “merek”. Hal ini merujuk pada mengenalkan merek suatu produk oleh produsen atau perusahaan yang menjual produk tersebut. 

Sehingga awalnya branding adalah istilah yang ditujukan pada suatu benda terutama produk. Seiring berjalannya waktu, rupanya tidak hanya produk atau barang saja yang harus melakukan branding.

Tetapi juga setiap individu atau manusia dapat dan harus melakukan brandingBranding adalah kegiatan yang ditujukan untuk setiap individu dalam melakukan pekerjaan dan memperkenalkan persona mereka kepada publik.

Secara definisi, branding adalah proses mengenalkan dan memperkuat nama produk atau individu kepada setiap orang yang menjumpainya. Melakukan tahapan ini adalah wajib bagi setiap orang dan berkaitan dengan meningkatkan awareness kepada publik yang menjumpai mereka.

Jenis-Jenis Branding

Sehingga ada dua jenis branding secara garis besar yang terdiri dari product dan personal branding. Personal branding adalah kegiatan melabeli apapun yang ditujukan kepada setiap individu. 

Tujuannya agar setiap orang mengerti citra dari individu tersebut. Berikut ini adalah penjelasan terkait personal dan product branding. 

A. Product branding

Apa itu branding
Product branding (Sumber: Design Rush)

Adalah sebuah strategi marketing yang berfokus pada pembentukan citra dan identitas produk agar mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Sehingga branding jenis ini terkait dengan awareness customer dan user.

Lebih dari sekadar logo dan tagline, product branding adalah tentang menciptakan pengalaman unik yang membedakan produk Anda dari pesaing. Sehingga customer mengerti perbedaan spesifikasi produk kita dengan produk lainnya.

Dengan begitu, product branding adalah alat marketing dasar yang diciptakan untuk meningkatkan dan memberikan awareness yang sesuai dengan demografi pengguna dan calon pengguna produk.

Product branding adalah proses yang berkelanjutan. Perusahaan perlu terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen untuk menjaga brand Anda tetap relevan dan menarik.

Dengan dedikasi dan strategi yang tepat, product branding dapat membantu perusahaan membangun bisnis yang sukses dan berkelanjutan. Produk yang dipasarkan akan lebih kuat diingatan masyarakat dan menjadi lebih diminati.

B. Personal branding

Personal branding
Personal branding (Sumber: Harvard Business Review)

Sementara itu, jenis ini adalah strategi untuk membangun citra dan reputasi diri agar mudah dikenali dan diingat oleh orang lain.

Sehingga personal branding adalah kegiatan yang berkelanjutan. Karena melibatkan diri sendiri sebagai “wadah” untuk melakukannya melalui perilaku dan perbuatan.

Dalam hal karir, personal branding memberikan ruang bagi seseorang untuk memperkenalkan keterampilan dan keahlian mereka dalam karir. Dengan begitu, mereka akan lebih dikenali perusahaan dan publik melalui keahlian yang mereka punya.

Selain dalam hal karir, personal branding adalah alat yang digunakan untuk memperkenalkan individu kepada publik. Umumnya para influencer dan content creator melakukan hal ini untuk mendapatkan lebih banyak perhatian oleh publik. Sehingga konsepnya sama seperti tujuan utama yaitu awareness.

Lebih dari sekadar mengumpulkan pengikut di media sosial, personal branding adalah tentang menciptakan identitas unik yang mencerminkan nilai, keahlian, dan kepribadian anda. 

Dengan dedikasi dan strategi yang tepat, personal branding dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda dan membangun karir yang sukses.

Personal branding yang kuat bukanlah tentang menjadi orang lain, tetapi tentang menjadi versi terbaik dari diri anda sendiri dan menunjukkannya kepada dunia.

6 Elemen Penting pada Branding

Setelah mengetahui dua jenis utama pada strategi pemasaran kali ini, Anda akan kami ajak untuk menelusuri lebih lanjut terkait apa saja elemen yang penting pada tahapan ini. Secara umum ada 6 elemen yang mempengaruhi keberhasilan branding.

Nama Merek atau Nama Brand

Nama merek adalah identitas utama dari sebuah produk atau perusahaan. Nama yang kuat dan mudah diingat dapat meningkatkan daya tarik dan pengenalan merek di pasar.

Logo dan Desain

Logo adalah simbol grafis yang mewakili merek. Desain visual mencakup warna, tipografi, dan elemen desain lainnya yang digunakan secara konsisten dalam semua komunikasi merek.

Tagline

Adalah frasa pendek yang mengkomunikasikan esensi dan nilai dari merek. Slogan yang efektif dapat membuat merek lebih mudah diingat dan menyampaikan pesan inti dengan cepat.

Nilai Merek

Nilai merek menggambarkan tujuan jangka panjang dan aspirasi perusahaan. Hal ini membantu membentuk identitas dan arah strategis merek.

User Experience

User experience mencakup semua interaksi antara pelanggan dan merek. Memberikan pengalaman positif dan konsisten dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat citra merek.

Komunikasi

Komunikasi mencakup semua cara merek berinteraksi dengan audiensnya, termasuk iklan, media sosial, dan hubungan masyarakat.

Pesan yang konsisten dan relevan membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memperkuat identitas merek.

8 Manfaat Branding

Lebih dari sekadar logo dan nama, strategi ini merepresentasikan nilai, kepribadian, dan janji yang ingin disampaikan kepada audiens.

Dengan kekuatan branding yang tepat, Anda dapat membuka pintu menuju berbagai peluang dan kesuksesan.

1. Membangun Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Manfaat branding yang pertama adalah efektif membantu meningkatkan kesadaran merek di benak konsumen. Logo, nama, dan pesan yang konsisten akan membuat merek Anda mudah diingat dan dikenali, membedakannya dari pesaing di tengah hiruk pikuk pasar.

2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Konsumen yang terhubung dengan merek Anda secara emosional akan lebih cenderung menjadi pelanggan setia. Branding yang kuat membangun kepercayaan dan rasa cinta terhadap merek, mendorong konsumen untuk terus membeli produk atau jasa Anda dan merekomendasikannya kepada orang lain.

3. Meningkatkan Nilai Produk

Manfaat branding lainnya adalah dapat meningkatkan nilai produk Anda di mata konsumen. Merek yang kuat dengan citra positif dan reputasi terjamin mendorong konsumen untuk rela membayar lebih, karena mereka yakin dengan kualitas dan nilai yang ditawarkan.

4. Membuka Peluang Baru

Manfaat branding yang satu ini akan memberikan peluang baru bagi suatu produk. Jika strategi ini sukses maka dapat membuka peluang baru bagi bisnis Anda.

Merek yang kuat menarik investor, mitra bisnis, dan kolaborator potensial, membuka jalan menuju ekspansi dan pertumbuhan yang lebih besar.

5. Memperkuat Diferensiasi Produk

Di pasar yang penuh dengan produk serupa, branding yang tepat membantu Anda menonjolkan keunikan dan diferensiasi produk. Merek Anda akan menjadi pembeda yang jelas bagi konsumen, membuat mereka memilih produk Anda dibandingkan dengan produk lain.

6. Mempermudah Komunikasi dan Promosi

Branding yang konsisten memudahkan komunikasi dan promosi brand Anda. Logo, tagline, dan pesan yang tertanam kuat dalam benak konsumen akan memudahkan Anda dalam menyampaikan pesan marketing dan menarik perhatian audiens.

7. Meningkatkan Ketahanan Bisnis

Branding yang kuat bertindak sebagai benteng di tengah krisis dan gejolak pasar. Konsumen yang loyal dan terhubung dengan merek Anda akan tetap mendukung Anda, bahkan di masa-masa sulit.

8. Menarik Talenta Terbaik

Branding yang positif dan menarik akan menarik talenta terbaik untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Karyawan yang bangga dengan brand mereka akan lebih termotivasi dan berkontribusi secara maksimal.

Branding dalam Bisnis Digital

Kemudian setelah mengetahui berbagai manfaat, sampailah kita pada pembahasan mengenai bagaimana mengoptimalkan strategi branding yang baik pada bisnis digital, khususnya pada website.

Konsistensi pada Desain Visual

Tempatkan logo pada posisi yang mudah dilihat, biasanya di bagian kiri atas setiap halaman. Pastikan logo tersebut digunakan secara konsisten di seluruh halaman.

Kemudian pilih skema warna dan font yang mencerminkan identitas merek. Lalu gunakan secara konsisten di seluruh situs web. Ini membantu menciptakan tampilan yang kohesif dan profesional.

Navigasi yang Mudah

Buat struktur navigasi yang jelas namun sederhana. Pengunjung harus dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari tanpa kebingungan.

Konten Berkualitas

Publikasikan konten yang relevan dan bermanfaat secara teratur. Konten yang berkualitas membantu membangun otoritas merek dan menarik pengunjung ke situs.

Kemudian tidak lupa untuk menggunakan gambar, infografis, atau video untuk membuat konten lebih menarik dan mudah dipahami.

User Experience Optimal

Pastikan situs web memuat dengan cepat. Kecepatan yang lambat dapat mengurangi pengalaman pengguna hingga membuat pengunjung meninggalkan situs.

SEO yang baik

Optimalkan konten dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Selain itu, gunakan meta tags atau deskripsi yang menarik dan relevan untuk setiap halaman.

CTA (Call to Action)

Tempatkan CTA dengan jelas dan menarik di seluruh situs web. CTA yang efektif dapat meningkatkan konversi, baik itu untuk pendaftaran email, pembelian, atau tindakan lainnya yang diinginkan.

Integrasi dengan Media Sosial

Tautkan ke akun media sosial dan pastikan ikon media sosial mudah ditemukan. Ini membantu dalam membangun komunitas dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens.

Penutup

Demikian penjelasan terkait branding hingga manfaatnya dalam jenjang karir. Baik personal branding maupun product branding, keduanya memiliki tujuan yang sama.

Yaitu sebagai alat untuk memperkenalkan produk maupun seseorang berdasarkan spesifikasi maupun preferensi mereka kepada publik.

Selain itu, perlu untuk memperhatikan keenam elemen penting pada branding supaya semua sesuai dengan rencana maupun target.

Kegiatan branding sangat penting bagi bisnis digital, terutama dalam memperkenalkan produk melalui website atau aplikasi berbasis website.

Dalam hal ini, Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi website untuk membantu branding produk anda. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: