Meta Title: Definisi, Contoh, & Cara Membuatnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Meta title adalah sebuah elemen HTML yang menunjukkan judul halaman sebuah website.

Demi membuat website Anda memasuki peringkat teratas hasil pencarian di Google adalah menerapkan teknik SEO. Salah satu cara paling mendasar adalah menambahkan meta title atau title tag.

Singkatnya, meta title adalah judul konten yang terlihat di laman mesin telusur jika Anda melakukan pencarian di Google.

Tujuan penggunaan meta title tag adalah membantu meningkatkan peluang website muncul di hasil pencarian yang relevan. Bahkan, dapat juga membantu untuk meningkatkan visibilitas web.

Lebih jelasnya, kita akan membahas mengenai title tag pada artikel di bawah ini. Yuk, simak pembahasannya, ya!

Apa Itu Meta Title?

Ilustrasi mengenai orang yang sedang mencari informasi pada Google
Ilustrasi Pencarian (Freepik)

Meta title adalah sebuah elemen HTML yang menunjukkan judul halaman sebuah website. Elemen ini akan ditampilkan di tiga tempat utama, yakni hasil pencarian, tab browser, dan media sosial.

Dalam dunia digital marketing, terutama bidang SEO, tag title mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan peringkat halaman website.

Title tag juga memberikan informasi kepada browser untuk menampilkan konten yang sesuai atau relevan dengan audiens.

Kemudian, diperlukan pula penulisan tag meta title yang benar supaya konten mudah ditemukan oleh audiens. Penulisan ini harus dimasukkan main keyword atau kata kunci utama.

Tujuannya supaya sesuai dengan keyword yang dicari oleh audiens. Sementara itu, untuk meta title length atau panjang judul konten adalah berkisar antara 50-60 karakter saja.

Meta title length tersebut diperlukan supaya judul yang ditulis tidak terlalu panjang serta bisa dibaca oleh audiens ketika melakukan pencarian.

Contoh Meta Title

Title tag harus ditulis dengan benar dan hindari kata-kata yang typo atau salah penulisan. Hal ini supaya memudahkan audiens mencari dan membacanya sesuai keyword yang dituliskan.

Jika dilihat dalam bentuk semula, contoh meta title bisa dilihat sebagai berikut:

<title> Apa Itu Konsultan? Ketahui Tugas dan 8 Jenisnya di sini! </title>

Sementara itu, apabila dilihat melalui Search Engine Result Page (SERP), biasanya title tag akan muncul seperti di bawah ini:

Contoh meta title
Contoh meta title

Fungsi utama dari meta title adalah untuk memberikan informasi singkat tentang isi konten kepada pengguna serta membantu mesin telusur lebih mudah memahaminya.

Aturan Teknis Terkait Meta Title

1. Kemungkinan penggantian konten

Google tidak selalu menggunakan meta title yang telah ditentukan pada sebuah halaman. 

Dalam beberapa kasus, Google dapat menggantinya dengan informasi lain yang diambil dari dokumen jika dianggap lebih relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Proses ini dikenal sebagai content overriding

Hal ini terutama terjadi apabila judul lebih berorientasi pada menarik klik daripada memberikan nilai informatif kepada pembaca.

2. Batas panjang

Meskipun Google tidak menetapkan batas panjang resmi, disarankan untuk menulis meta tag dengan panjang antara 50–60 karakter. 

Hal ini bertujuan agar judul tidak terpotong dalam hasil pencarian, yang biasanya ditandai dengan ellipsis (“…”) di bagian akhir. 

Jika terlalu panjang, informasi penting mungkin tidak terlihat oleh pengguna, terutama pada perangkat seluler yang memiliki ruang lebih terbatas untuk menampilkan snippet dibandingkan desktop.

3. Penggunaan emoji

Emoji dapat ditambahkan ke judul meta untuk menarik perhatian, terutama jika situs Anda menargetkan audiens muda. 

Namun, tidak semua emoji akan tampil di hasil pencarian, sehingga penting untuk melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum menerapkan secara luas. 

Sebaiknya, gunakan emoji dalam bentuk entitas HTML, bukan hanya menyalin dan menempel ikon.

Cara Membuat Meta Title

Perlu dipahami, jika judul halaman atau konten merupakan kesan pertama yang akan dimiliki oleh pembaca. Pembaca akan membaca judul terlebih dahulu sebelum masuk ke isi konten.

Maka dari itu, penulisan title tag yang benar menjadi langkah kunci yang harus dilakukan. Berikut ini contoh membuat meta title yang benar:

1. Buat secara singkat

Aspek pertama yang perlu diperhatikan adalah membuat judul konten secara singkat dan hindari penulisan yang terlalu panjang supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, panjang judul berkisar antara 50-60 karakter saja. Hal ini dapat membantu pembaca mendapatkan gambaran lebih cepat tentang isi konten.

2. Masukkan keyword utama

Selain penulisan yang singkat, Anda juga harus menggunakan atau memasukkan keyword utama di judul konten. Hal ini supaya bisa relevan dengan hasil pencarian sesuai kata kunci yang ditargetkan audiens.

Hindari penggunaan keyword yang berlebihan di judul konten. Sebab, bisa jadi tidak menarik bagi pembaca.

3. Tuliskan judul yang unik

Terakhir, Anda bisa menuliskan judul yang unik, sehingga bisa menarik perhatian pembaca dan berbeda dengan halaman website lainnya. 

Jika pembaca tertarik, maka dapat membantu meningkatkan views di halaman website Anda. Dengan begitu, pembaca akan semakin dipercaya dan kembali lagi ke halaman website Anda.

Pentingnya Meta Title dalam SEO

Meta title sangat penting dalam optimasi mesin pencari (SEO). Judul ini menjadi salah satu sinyal peringkat yang diperhatikan Google, sehingga pemilihannya harus dilakukan dengan cermat.

Jika Anda melakukan perubahan pada meta title, hasilnya tidak akan langsung terlihat di halaman pencarian (SERP). 

Untuk mempercepat proses pembaruan meta title, Anda dapat meminta Google untuk mengindeks ulang halaman tersebut menggunakan fitur di Google Search Console

Dengan mengelola meta title dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu meta title dan kenapa bisa penting bagi perkembangan sebuah website. Salah satunya demi meningkatkan views dan visibilitas halaman website.

Pada intinya, meta title adalah judul konten yang terlihat di halaman pertama mesin telusur jika melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Saat ini, website menjadi salah satu aspek penting bagi beberapa orang, terutama pebisnis. Hal ini digunakan untuk keperluan bisnis, salah satunya memberikan informasi perihal produk dan layanan yang diberikan.

Maka dari itu, jika Anda ingin membuat website untuk keperluan bisnis atau yang lainnya, bisa memanfaatkan jasa pembuatan website dari Sekawan Media.

Sekawan Media sendiri menjadi perusahaan yang sudah dipercaya lebih dari 10 tahun di bidang IT, terutama website development

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan jasa tersebut, silakan untuk menghubungi kontak marketing kami dan konsultasikan kebutuhan website bisnis Anda secara gratis.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: