Di era digitalisasi saat ini banyak orang yang mengakses berbagai informasi terbaru melalui internet. Penggunaannya juga tidak hanya sekedar untuk kebutuhan menampilkan informasi saja. Namun, saat ini juga dapat digunakan untuk kegiatan bisnis. Salah satunya dengan menerapkan strategi internet marketing yang tepat.
Pada artikel kali ini , kami akan membahas mengenai apa itu internet marketing, tujuan penerapannya, strategi, hingga manfaat yang dimilikinya untuk kemajuan sebuah bisnis. Sehingga, anda juga dapat mencoba mengimplementasikannya untuk membuat dan mengembangkan bisnis secara online.
Apa itu Internet Marketing
Internet marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online. Contoh platform yang sering dipakai adalah website, email, blog, mesin pencari, dan media sosial.
Selain itu, internet marketing juga dapat dikatakan sebagai online marketing. Dimana, segala proses pemasaran dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital yang ada. Namun, prinsip pemasarannya tidak jauh berbeda dengan metode konvensional.
Tujuan Internet Marketing
Tujuan utama dari internet marketing adalah untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas dan banyak. Melalui jaringan internet, kita dapat terhubung dengan berbagai sumber dan konsumen yang jauh lebih luas. Bahkan tidak terbatas hanya di suatu daerah saja, namun berskala global.
Sekitar 68% pengunjung internet melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Oleh karena itu, penggunaan platform online juga semakin meningkat dan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk pada bisnis yang anda jalankan.
Dengan melakukan promosi, maka konsumen akan semakin aware dan lebih tertarik untuk menggunakan produk anda. Semakin banyak konsumen yang datang, maka trafik pengunjung dari website atau platform anda akan semakin baik. Selain itu, anda juga dapat memberikan berbagai informasi menarik dan terbaru melalui sebuah blog dalam bentuk tulisan artikel.
Strategi Internet Marketing untuk Bisnis
Bagi seorang pengusaha, strategi dalam bisnis merupakan komponen penting untuk tingkatkan peluang dalam penjualan. Dalam internet marketing terdapat beberapa stragtegi yang efektif dalam pemasaran dan penjualan. Salah satu strategi tersebut adalah menggunakan teknik SEO. SEO merupakan salah satu cara untuk menjangkau pelanggan secara luas dengan muncul pada halaman pertama pencarian google. Berikut merupakan beberapa strategi lain dari internet marketing untuk bisnis:
1. Membuat sebuah website
Banyak sekali tutorial maupun pelatihan untuk membantu anda dalam membuat dan mengembangkan sebuah website. Tujuan dari pembuatan website sendiri adalah sebagai platform untuk memperkenalkan berbagai jenis layanan dan informasi seputar bisnis dan perusahaan anda.
Biasanya sering disebut dengan website company profil. Jika anda tidak memiliki keahlian di bidang pemrograman, maka anda dapat menyerahkan tugas pembuatan website pada seorang programmer maupun perusahaan di bidang software house untuk membantu proyek anda.
Tidak semua website diciptakan melalui pengembangan website secara manual, namun bagi anda yang tidak memiliki basic coding, anda dapat mencoba untuk menggunakan WordPress. Penggunaan WordPress dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.
Dengan menggunakan bantuan WordPress anda tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman secara detail, namun anda akan memilih beberapa fitur penting seperti plugin untuk membantu proses pembuatan website.
2. Meningkatkan trafik dengan SEO
Strategi selanjutya dari internet marketing adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization). Pekerjaan ini termasuk dalam strategi yang saat ini cukup populer dan sedang naik daun. Dimana, tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan trafik perusahaan, serta melakukan optimasi, baik secara teknis maupun non – teknis.
Sehingga, halaman situs bisnis anda dapat masuk pada halaman pertama Google. Ada banyak sekali optimasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip SEO. Mulai dari On Page, Off Page. Serta melakukan riset keyword (kata kunci) untuk membantu anda dalam menarget produk dengan kondisi pasar yang ada.
3. Menerapkan email marketing
Apakah anda pernah mendapat sebuah notifikasi pada email anda yang berisi konten dalam bentuk artikel maupun iklan terkait jasa produk perusahaan? Nah, contoh tersebut disebut juga dengan email marketing. Email marketing memanfaatkan media email sebagai sarana pemasaran yang bertujuan untuk memberi penawaran dalam bentuk pesan atupun konten komersial berisi informasi produk dan penawaran yang sedang berlangsung.
Walaupun terkadang sebagian orang masih menganggap email marketing sebagai cara kuno dan dianggap sebuah spam. Namun, Fakta yang sebenarnya email marketing merupakan salah satu strategi internet marketing yang cukup efektif. Hal ini terbukti dengan tingginya Return on Investment (ROI) dari email marketing.
Ketika menggunakan email sebagai media pemasaran, langkap pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menentukan target penerima email. Kemudian, tidak lupa memberikan judul dan isi yang menarik, hal inilah yang akan menentukan seseorang untuk memeriksa pesan email.
4. Optimasi pada social media marketing
Banyak cara untuk meningkatkan brand produk yang anda miliki. Salah satu contoh internet marketing yang dapat anda gunakan adalah dengan mengaitkan akun anda pada berbagai media sosial yang ada.
Pemasaran dengan menggunakan bantuan social media marketing terbukti cukup efektif. Di dalam media sosial sendiri, anda dapat membuat berbagai media promosi untuk memperkenalkan produk brand anda.
Contoh media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Dimana, pada setiap platform social media tersebut juga terdapat fitur untuk memperkenalkan produk melalui iklan berbayar. Sebagai contoh, Facebook Ads, Twitter Ads, dan Instagram Ads.
Baca juga: Marketing: Arti, Fungsi, Jenis, Tugas, dan Jenjang Karir
5. Membuat blog
Jika anda memiliki minat dan keahlian untuk membuat tulisan, maka tidak salahnya untuk mengerjakan bisnis tersebut. Membuat sebuah blog pribadi atau perusahaan tergolong salah satu strategi internet marketing yang cukup efektif.
Mengapa demikian? Cara paling efektif untuk mendapatkan trafik pengunjung yaitu dengan membuat halaman website untuk menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Pastikan untuk membuat sebuah artikel juga melakukan optimasi SEO, agar artikel yang telah dibuat dapat masuk pada SERP (Search Engine Result Page) dari Google.
6. Memanfaatkan Google Bisnisku
Contoh internet marketing yang selanjutnya adalah memanfaatkan penggunaan Google Bisnisku. Fitur ini dikembangkan langsung oleh Google untuk membantu setiap pemilik usaha, baik tingkat menengah kebawah maupun perusahaan untuk mendaftar setiap informasi kepada fitur ini.
Dengan adanya Google Bisnisku, anda dapat memberikan berbagai informasi seperti, menambahkan alamat kantor, jam kerja, nama website, dan lain sebagainya. Keuntungan yang paling utama adalah, usaha atau gerai anda secara otomatis akan ditampilkan pada Google Maps.
7. Melakukan affiliate marketing
Contoh internet marketing yang terakhir adalah dengan mengikuti program afiliasi. Bagi anda yang masih awam dan tidak mengetahui program afiliasi, yaitu pekerjaan yang bertujuan untuk mempromosikan produk milik suatu perusahaan yang mana, nantinya jika produk tersebut berhasil terjual, maka akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.
Supaya program afiliasi berjalan dengan baik, maka anda harus memastikan untuk membidik dan orang yang tepat untuk membuat dan merancang konten yang sesuai dan dapat menarik minat konsumen. Yang terpenting, program afiliasi yang akan anda ikuti harus sesuai dengan industri yang sama dengan bisnis anda. Sehingga, anda dapat memahami produk atau layanan tersebut dengan lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis.
Baca Juga: Mengenal Program Afiliasi Beserta Keuntungan dan Contoh dalam Bisnis
Manfaat Internet Marketing untuk Tingkatkan Bisnis
Terdapat banyak manfaat untuk meningkatkan bisnis dengan internet marketing. salah satu manfaatnya adalah membantu dalam memasarkan produk dengan jangkauan yang luas. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet marketing:
1. Tidak memerlukan modal yang besar
Manfaat pertama dari internet marketing adalah dapat menekan biaya pemasaran lebih efisien, Sehingga anda tidak memerlukan modal yang besar untuk mengembangkan bisnis anda melalui internet. Anda hanya memerlukan strategi yang tepat, serta melakukan riset mengenai kompetitor dari produk anda.
2. Jangkauan customer yang lebih luas
Dengan bantuan media internet, dapat meningkatkan cakupan atau scope customer secara luas. Sehingga relasi yang dapat anda peroleh tidak hanya dalam ruang lingkup daerah atau nasional. Akan tetapi juga masuk pada cakupan masyarakat global.
3. Proses optimasi dan performa yang dapat diukur
Apabila menggunakan metode bisnis konvensional, proses evaluasi dan monitoring bisnis akan sedikit sulit jika dibandingkan dengan melakukan proses optimasi menggunakan metode online marketing. Dari sisi efektivitas dan efisiensi, pemasaran melalui internet dapat memberikan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.
4. Aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah
Manfaat yang terakhir adalah kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak ada batasan tempat dan waktu untuk melakukan proses bisnis, jika menggunakan pemasaran menggunakan bantuan internet.
Kemudian, sebagian besar pengguna internet juga banyak menghabiskan waktu dalam media sosial, forum, dan blog yang dapat memberikan keuntungan bisnis bagi anda dalam hal melakukan promosi produk.
Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing
Internet Marketing dan Digital Marketing sering digunakan secara bergantian, namun ada perbedaan mendasar antara keduanya.
Internet Marketing
Internet marketing mengacu pada semua upaya pemasaran yang dilakukan secara online menggunakan internet. Ini mencakup taktik pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai media utama untuk menjangkau audiens.
Beberapa contoh internet marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click), Email marketing, dan content marketing yang dilakukan melalui situs web atau platform berbasis internet lainnya.
Jadi, internet marketing memerlukan akses internet sebagai media pemasaran utama.
Digital Marketing
Digital marketing mencakup internet marketing, tetapi mencakup lebih banyak saluran pemasaran digital yang tidak hanya terbatas pada internet.
Digital marketing dapat mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau teknologi digital. Ini termasuk pemasaran melalui media sosial, email, mesin pencari, aplikasi mobile, serta iklan digital yang bisa ditampilkan di TV digital, layar iklan elektronik, atau bahkan pesan teks (SMS/MMS).
Dengan demikian, digital marketing lebih luas cakupannya dan bisa dilakukan bahkan tanpa koneksi internet, seperti melalui iklan televisi digital atau pesan SMS.
Apa Saja Jenjang Karir Internet Marketing?
Jenjang karir dalam bidang internet marketing dapat bervariasi tergantung pada keahlian, pengalaman, dan spesialisasi seseorang. Berikut adalah beberapa tahapan jenjang karir yang umum dalam internet marketing.
1. Intern / Entry-level
- Digital Marketing Intern: Sebagai langkah awal, peran ini biasanya melibatkan mendukung tim pemasaran dalam tugas-tugas dasar, seperti manajemen media sosial, pengumpulan data, atau membantu membuat konten. Peran ini memberikan dasar tentang berbagai aspek internet marketing.
- Junior Digital Marketing Specialist: Posisi entry-level di mana Anda belajar keterampilan dasar SEO, SEM, iklan digital, email marketing, dan pengelolaan media sosial. Biasanya, ini melibatkan bekerja di bawah bimbingan tim senior.
2. Spesialis / Mid-level
- SEO Specialist: Fokus utama adalah mengoptimalkan situs web agar tampil di peringkat teratas di mesin pencari. Spesialis SEO juga melakukan riset kata kunci, analisis kompetitor, dan mengembangkan strategi SEO on-page dan off-page.
- Content Marketing Specialist: Peran ini berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bertujuan untuk menarik audiens, meningkatkan keterlibatan, serta mengarahkan traffic organik.
- PPC Specialist (Pay Per Click): Spesialis ini bertanggung jawab atas kampanye iklan berbayar, seperti iklan Google Ads, Facebook Ads, dan platform iklan lainnya. Mereka mengelola anggaran iklan, mengukur ROI, dan mengoptimalkan performa iklan.
- Social Media Manager: Mengelola berbagai platform media sosial, merancang strategi konten, dan menganalisis keterlibatan pengguna. Peran ini juga mencakup interaksi dengan audiens dan pengembangan brand awareness.
- Email Marketing Specialist: Bertanggung jawab atas kampanye email marketing, pembuatan dan pengelolaan daftar email, mengembangkan strategi automasi email, dan mengukur kinerja kampanye.
3. Managerial Level
- Digital Marketing Manager: Memimpin tim internet marketing dan mengembangkan strategi pemasaran digital secara keseluruhan. Mereka mengelola berbagai spesialis seperti SEO, PPC, dan social media marketing untuk memastikan kampanye berjalan dengan baik.
- Content Marketing Manager: Bertanggung jawab atas strategi konten keseluruhan, termasuk perencanaan kalender editorial, koordinasi penulisan konten, dan pengukuran efektivitas konten dalam mencapai target bisnis.
- SEO/SEM Manager: Posisi ini melibatkan pengelolaan strategi SEO dan SEM perusahaan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari, memperbaiki traffic situs web, dan memaksimalkan anggaran iklan.
- Growth Hacker / Growth Marketing Manager: Bertugas mengidentifikasi cara-cara inovatif untuk mendorong pertumbuhan bisnis, sering kali dengan menggabungkan pemasaran digital, analisis data, dan eksperimen kreatif untuk menemukan peluang baru.
4. Director / Senior Leadership
- Head of Digital Marketing: Memimpin seluruh departemen pemasaran digital dalam sebuah organisasi, merancang strategi jangka panjang, mengelola tim, dan berkoordinasi dengan bagian eksekutif untuk mencapai tujuan bisnis.
- Marketing Director: Posisi yang lebih tinggi dari Head of Digital Marketing, bertanggung jawab atas seluruh strategi pemasaran perusahaan, baik digital maupun konvensional. Peran ini mencakup mengembangkan visi pemasaran perusahaan dan memimpin tim lintas fungsi.
- Chief Marketing Officer (CMO): Jabatan eksekutif tertinggi di bidang pemasaran, yang bertanggung jawab atas semua aspek pemasaran dalam sebuah perusahaan, termasuk strategi digital. CMO bekerja langsung dengan CEO dan bagian eksekutif lainnya untuk menetapkan arah perusahaan.
5. Freelancer / Konsultan
- Freelance Digital Marketer: Bekerja secara mandiri, biasanya untuk berbagai klien sekaligus. Freelancer bisa mengkhususkan diri dalam satu aspek, seperti SEO atau social media, atau menawarkan layanan internet marketing secara menyeluruh.
- Digital Marketing Consultant: Seorang konsultan pemasaran digital memberikan saran strategis kepada perusahaan tentang cara meningkatkan strategi internet marketing mereka, sering kali berdasarkan pengalaman bertahun-tahun di industri tersebut.
Dengan keterampilan yang berkembang, seseorang bisa bergerak dari posisi entry-level hingga ke level manajerial dan bahkan eksekutif di internet marketing.
Kesimpulan
- Internet marketing adalah salah satu pemasaran yang dilakukan dengan bantuan media internet pada berbagai platform digital yang ada. Sebagai contoh media sosial, blog, forum, website, dan mesin pencari.
- Tujuan dari internet marketing sendiri adalah mendapatkan konsumen yang lebih luas, serta sebagai sarana untuk mempromosikan kegiatan bisnis.
- Contoh strategi internet marketing yang dapat dilakukan adalah dengan cara membuat website, optimasi SEO, email marketing, social media marketing, afiliasi, membuat blog, dan memanfaatkan Google Bisnisku.
Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk membantu anda dalam mengembangkan aplikasi custom untuk kebutuhan bisnis anda. Anda berminat? Silakan hubungi kontak kami yang telah tersedia.